Kamis, 02 Februari 2017

Orang Berilmu Tidak Diukur Dengan Banyaknya Seseorang Berbicara Masalah Agama


يافتي .... لاخير لمن فتواه عجيب ولكن الخير لمن قلبه نجيب
Laa Khaira liman Fatwaahu 'Ajiib Walakinnal Khaira Liman Qalbuhuu Najiib.
Anak muda...
"Tak ada kebaikan bagi orang yang fatwanya mengagumkan, akan tetapi kebaikan itu terdapat pada orang yang hatinya baik".
Orang berilmu tidak diukur dengan banyaknya seseorang berbicara masalah agama, semisal memberikan nasihat, tausiyah, mengumpulkan catatan, berbagi catatan, membahas suatu permasalahan, atau berbantah-bantahan sekedar untuk "menampakkan" diri sebagai orang yang berilmu.
Tapi orang yang betilmu adalah sejauh mana "rasa takutnya kepada Allah".
Yang dengan rasa takutnya itu ia akan senantiasa melaksanakan perintah-Nya senampunya dan menjauhi segala larangan-Nya.
Yang dengan rasa takutnya itu ia akan senantiasa menahan dirinya dari akhlak yang buruk dan dari kedzhaliman semisal berkata kasar, mencaci-maki, mencela, atau merendahkan saudaranya sesama muslim.
Yang dengan rasa takutnya itu ia akan senantiasa menjaga relung-relung hatinya dari sifat ujlarangan-Nya hasud, dan berbagai penyakit hati lain yang dapat membinasakan dirinya.
Sayyidinaa Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu 'anhuma berkata:
ﻟﻴﺲ ﺍﻟﻌﻠﻢ ﺑﻜﺜﺮﺓ ﺍﻟﺮﻭﺍﻳﺔ ﻭﻟﻜﻦ ﺍﻟﻌﻠﻢ ﺍلخشية
Laisal Ilmu Bikatsratir Riwaayah, Walaakinnal Ilma Alkhasyyah.
"Ilmu itu bukan karena banyaknya riwayat (hafalan), melainkan rasa takutnya (kepada Allah)."
Orang yang takut kepada Allah, itulah orang yang berilmu, yang dengan ilmunya menyampaikan mereka kepada rasa takut kepada Allah.
Allah ta'ala berfirman:
ﺇِﻧَّﻤَﺎ ﻳَﺨْﺸَﻰ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻣِﻦْ ﻋِﺒَﺎﺩِﻩِ ﺍﻟْﻌُﻠَمآﺀُ
"Sesungguhnya orang yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama' (orang-orang yang berilmu)." (QS. Fathir: 28)
Tak ada yang merasa takut kepada Allah kecuali seorang yang berilmu. Artinya, Allah memberitakan bahwa setiap orang yang takut kepada Allah itulah orang yang berilmu."
Mudah-mudahan Allah melembutkan hati kita, membuka hati kita untuk senantiasa ingat kepada-Nya, menjalankan perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya... Amiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar