Kamis, 16 Februari 2017

Dalam Diri Manusia Ada 2 Potensi Positif & Negatif


فَأَلْهَمَهَا فُجُورَهَا وَتَقْوَاهَا

1. Fujuroha. Potensi negatif. Dalam jasmani tempatnya. Musuh yg paling berat ada di diri manusia. Di bagian lambung ke bawah. Inginnya mengajak makan, syahwat. Kalau diikuti akan membuat dosa, baik kecil maupun besar. Kalau tidak dilatih, dididik, maka akan melahirkan dosa yg lebih besar lagi. Bentuk tazkiyatun nafs (melatih hawa nafsu) yaitu : -
taubat membersihkan diri. Kenapa sdh taubat tapi masih suka berbuat dosa…? Karena belum membersihkan diri sampai ke akar-akarnya. Yaitu dengan menegakkan pilar-pilar rohani. Seperti khauf, tawadhu. Nafsu amarah itu cirinya ketika maksiat senang. Kalau diajak ibadah pahit. Sebaliknya nafsu Mutmainnah kalau diajak ibadah itu manis, kalau diajak maksiat menghindar. nafsu itu tdk perlu dididik akan tumbuh kembang sendiri karena kita hidup didunia. Dimana nafsu kita seiring sejalan dengan kehidupan dunia.

2. Wataqwaha. Potensi positif. Dalam ruh tempatnya. Dibagian dada. Inginnya mengajak ke atas, ke Allah. Ruh kita itu tdk bisa tumbuh kembang sendiri. Perlu dikembangkan dengan riadhoh (latihan). Dengan dzikrulloh, sifat2 syaitoniyah akan diganti dgn sifat2 dan ahlak Rosulullah saw. Riadhoh ruhiah dilakukan melalui majelis dzikir & ilmu. Makanya disebut Rhoudotul min riayadul jannah. Melatih qolbu, melatih pikiran agar senantiasa tersambung kepada Allah.

Ciri hati yg mati
- Tidak takut ketika berbuat dosa
- Tidak menyesal ketika berbuat dosa
- Bangga dengan perbuatan dosanya.

Tanda tasfiyatul qolbi (hati yg bersih)
- ahlaknya baik dan mulia
- Sabar ketika diuji dengan keburukan dan kebaikan
- Diberikan anugerah (mawahib) disebabkan istiqomah dalam mujahadatunnafs.

Semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar