Jumat, 17 Agustus 2018

Mensyukuri Kemerdekaan

Kita patut bersyukur bahwa negara kita, Indonesia, cukup aman dibanding sebagian negara di belahan lain dunia. Umat Islam di sini dapat menjalankan ibadah dan menuntut ilmu agama dengan tenang kendatipun berbeda-beda madzhab dan kelompok. Kita juga relatif bebas dari kekangan di Tanah Air dalam menjalankan hidup sehari-hari. Udara kemerdekaan ini adalah karunia besar dari Allah subhanahu wata’ala.Jangan sampai kita baru merasakan kenikmatan luar biasa ini setelah rudal-rudal berjatuhan di sekeliling kita, tank-tank perang berseliweran, tempat ibadah hancur karena bom, atau konflik berdarah antara-saudara sesama bangsa.
من لم يشكر الناس لم يشكر الله
"Barangsiapa yang tidak berterima kasih kepada manusia maka dia tidak bersyukur kepada Allah" (HR. Ahmad)

Mari kita syukuri kemerdekaan ini dengan hamdalah, sujud syukur, dan mengisinya dengan kegiatan-kegiatan positif, mengisi dengan ibadah. Kita mungkin tak lagi sedang berperang secara fisik sebagaimana ulama-ulama dan pahlawan kita terdahulu, tapi kita masih punya cukup banyak masalah kemiskinan, kebodohan, korupsi, kekerasan, narkoba, dan lain-lain yang juga wajib kita perangi.

Mari kita sambut peringatan hari kemerdekaan ini dengan perenungan, dengan penuh rasa tasyakkur, dan tentunya dengan semangat. Semangat untuk membawa Indonesia kedepan lebih baik, semangat untuk menjaga kedamaian, menjaga persatuan. Negara ini bukan milik kelompok ataupun perseorangan, tetapi milik kita bersama.

Jadikan Indonesia tercinta ini menjadi rumah besar, yang nyaman, aman, damai untuk semua golongan masyarakat, semua agama, semua suku. Karena kita satu INDONESIA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar