Jumat, 15 Desember 2017

Kehadiran Anda Menjadikan Orang Lain Bahagia

Sedikit kesimpulan dari ceramah yang disampaikan KH. Abdul Aziz Choiri, ketua MUI Lamongan, pada acara Maulidan tadi. Inti daripada kehidupan adalah membahagiakan orang lain, kalau kehadiran anda menjadikan orang lain bahagia maka maknanya anda sudah bermanfaat, jangan jadikan kehadiran anda justru menyusahkan hati orang lain. Dan manusia yang paling membahagiakan orang lain tiada lain adalah Rasulullah SAW. Rasulullah mengajarkan bila memiliki kelebihan harta berikanlah sebahagian hartamu kepada orang-orang yang lebih butuh, bila mempunyai Ilmu, ajarkanlah, bila yang kau miliki itu tenaga, maka gunakanlah tenaga itu untuk membantu orang lain, dengan cara-cara itulah kita bisa membahagiakan orang lain.
Menurut saya indah sekali agama ini bila yang kita jadikan orientasi itu adalah kebahagiaan, bukan kebencian, kesusahan, dan kesumpekan.
Saat acara maulidan tadi hadirin saya simak pada hepi dan bahagia semua, habis sholawatan, pengajian disampaikan dengan cara yang santai, menghibur, dan membahagiakan, tapi juga berbobot, dan sama sekali tidak menyinggung soal pulitik, pulang pun dalam keadaan bahagia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar