Selasa, 29 Agustus 2017

Pesan Imam Ghazali Agar Kita Bisa Bersikap Memandang Orang Lain Dengan Kacamata "Kerendahan" Bukan "Kesombongan".

Salah satu godaan terbesar diri adalah merasa lebih hebat dan tidak mau menerima fakta bahwa ada yang lebih hebat dari kita
Iblis tergelincir karena merasa lebih hebat. Maka para salik selalu menjadikan iblis sbg musuh utama --perlambang "ana khairu minhu"
Orang yang telah selesai dengan dirinya itu orang yang telah menaklukkan dirinya. Dia tidak hasud dengan kehebatan orang lain, pun menerima saat ada yang lebih.

Imam Ghazali berpesan bagaimana caranya agar kita memandang orang lain dengan kacamata "kerendahan" bukan "kesombongan". Simak yuk  🙏
Jika lihat anak kecil, katakanlah dalam hati kita: "Dia belum pernah bermaksiat. Dia lebih baik dari diriku yang bergelimang maksiat"
Jika melihat yang lebih tua, katakan dalam hati kita: "orang ini lebih dulu beribadah kpd Allah, dia lebih baik dari aku"  🙏
Jika bertemu orang alim, katakan dalam hati kita: "orang ini mendapatkan apa yang belum aku miliki, bagaimana mungkin aku setara dengannya"
Saat bertemu orang jahil, katakan dalam hati kita: "orang ini maksiat dalam kebodohan, sedangkan aku maksiat dalam keadaan tahu. Mgk dia diampuniNya"
Jika dia kafir, katakan dalam hati: "aku tidak tahu akhir hidupku seperti apa, boleh jadi dia wafat dalam iman, dan aku yang wafat dalam kufur"
Mari kita sibukkan diri dengan melihat kekurangan diri, belajar dr kelebihan orang lain, dan memohon ampunan serta belas kasihanNya 🙏

Tidak ada komentar:

Posting Komentar