Sabtu, 12 Mei 2018

Ilmu Hanya Bisa Diperoleh Dengan Belajar & Tata Krama Hanya Bisa Dicapai Dengan Sentuhan Pendidikan Guru atau Syaikh Mursyid

إِنَّمَا الۡعِلۡمُ بِالتَّعَلُّمِ وَإِنَّمَا الۡآدَابُ بِالتَّرۡبِيَةِ
Ilmu hanya bisa diperoleh dengan belajar dan Tata krama hanya bisa dicapai dengan sentuhan pendidikan guru atau syaikh mursyid
Tarbiyah tidak bisa diperoleh melalui lembaran-lembaran kitab, dan tidak pula dibagi-bagikan lewat brosur-brosur. Mereka yang mengambil sesuatu dari balik kitab dan membaca dalam majalah-majalah, hanyalah mendapatkan pengetahuan dan kepandaian bukan tarbiyah.

Sungguh beda, dan jauh amat berbeda antara pengetahuan dan tarbiyah. Makanya terdapat perbedaaan yang sangat jauh antara pemuda yang terbina dan terdidik di tangan alim ulama' dengan pemuda yang berpengetahuan melalui lembaran-lembaran kitab atau buku terjemahan.
“Tidak terbina melalui lembaran-lembaran kitab, tapi melalui tarbiyah tangan mu'allim yang alim”, oleh karena itu seorang syaikh atau mu’alim tidak hanya memberikan pelajaran adab melalui ilmu dan pengetahuannya saja. Tapi dia membina dan mendidik murid-muridnya melalui amal perbuatannya, sebagai suri tauladan yang baik bagi murid-murid yang ada di sekelilingnya.
Dia membina anak-anak asuhnya melalui tingkah lakunya yang baik, melalui budi pekertinya dan keistiqamahannya terhadap Ibadah. Melalui zuhudnya dan wira'inya.
Tunas-tunas yang sedang berkembang ini terbina di sekelilingnya, dan akan tumbuh matang dengan izin Rabb-nya, di atas petunjuk kitabullah dan sunnah Rasul-Nya.
Maka tidaklah aneh jika Syaik Ibnul Mubarak mengatakan, “Dua puluh tahun aku habiskan waktuku untuk menuntut ilmu dan tiga puluh tahun kau habiskan waktuku untuk menuntut Adab.” Oleh karena adab tidak bisa diperoleh melalui kitab, adab hanya bisa didapat melalui tarbiyah dan akhlak para alim ulama’.
رَبِّ فَانۡفَعۡنَا بِبَرۡكَتِهِمۡ * وَاهۡدِنَا الۡحُسۡنَى بِحُرۡمَتِهِمۡ
رَبِّ سَلِّمۡنَا مِنَ الۡهَلَكِ * رَبِّ فَاحۡفَظۡنَا مِنَ الۡمِحَنِ
Ya Allah Tuhan Kami...
Limpahkanlah manfaat kepada Kami dengan keberkahan para kekasih-Mu..
Tunjukkan kebaikan kepada Kami dengan kemuliaan para kekasih-Mu..
Selamatkan Kami dari kerusakan dan jagalah Kami dari siksaan-Mu
رَبِّ فَاحۡيِ بِاسۡتِقَامَتِهِمۡ * مُقۡتَدِيۡهِمۡ فِی عَقِيۡدَتِهِمۡ
وَأَمِتۡنَا فِى طَرِيۡقَتِهِمۡ * وَمُعَافَاةٍ مِنَ الۡفِتَنِ
Ya Allah Tuhan Kami...
Anugerahkan kepada Kami hidup dalam istiqamah sebagaimana keistiqamahan para kekasih-Mu..
Seraya mengikuti dalam akidah dan keyakinan para kekasih-Mu
Matikan kami dalam jalan para kekasih-Mu..
Dan selamat dari segala mara bahaya kemarahan-Mu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar