Minggu, 01 Oktober 2017

Pesan dan Hikmah Bagi yang Sudah Nobar G30S-PKI

Adik-adik sudah nobar film G30S? Menyeramkan, bukan? Itulah gambaran singkat tentang perang saudara yang pernah terjadi pada bangsa ini, bagaimana kekuasaan dibayar dengan kebiadaban atas kemanusiaan. Wajar jika kalian marah setelah nonton film itu. Tapi pada siapa?
Jika suatu hari nanti kalian mendapati teman main sekampung atau teman sebangku di sekolah atau mungkin pacar kalian sendiri yang ternyata mbah buyutnya dulu pengurus PKI, kalian mau apa? Memutus pertemanan? atau memusuhinya hingga akhir zaman?
Jika karena film durasi 3 jam itu lalu kalian memupuk kebencian kepada mereka, maka merekapun akan memberikan bukti-bukti bahwa telah terjadi kedzaliman luar biasa atas keluarga mereka, yang sesungguhnya mereka juga tak tahu apa-apa tentang komunisme & tragedi 30S, sama persis dengan kalian. Apakah antara kalian & mereka juga akan mengulangi kebiadaban serupa dalam film itu?
Ingat ya, adik-adikku.. kalianlah pemilik masa depan negeri ini, bukan bapak-bapak itu! Mereka sebentar lagi pensiun & udzur. Kalian disekolahkan untuk memiliki nalar sehat agar dapat memperbaiki nasib bangsa ini ke depan, bukan untuk mewarisi dendam & merawatnya sepanjang zaman.
Tapi ya semua terserah kalian. Yang jelas kalian ditakdirkan sebagai manusia tulen, bukan iblis yang memiliki dendam permanen.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar