Senin, 30 April 2018

Bulan Sya'ban Bulan Shalawat Nabi ﷺ

Diantara keistimewaan bulan Sya’ban adalah diturunkannya ayat perintah membaca shalawat untuk Rasullullah pada bulan mulia ini yaitu ayat ke 56 dari surat al-ahzab:
إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا
Artinya : Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.
As-Sayyid Muhammad ibn Alawi al-Maliki rahimmahullah dalam kitab beliau berjudul “mazda fi sya’ban” mengutip dari Ibn as-Soif al-Yamani, mengatakan bahwa ada ulama yang berpendapat bahwa bulan sya’ban merupakan bulan shalawat karena ayat 56 dari surat al-ahzab diturunkan di bulan Sya’ban.
Karena itulah di bulan Sya’ban sebagian ulama menganjurkan untuk lebih memperbanyak lagi membaca shalawat kepada Nabi kita sayyidina Muhammad .
Habîbanâ Umar bin Hafidz berwasiat agar kita memperbanyak membaca shalawat ini selama dibulan Sya'ban :
أَلّٰلهُمَّ صَلِّ وَ سَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً نَكُوْنُ بِهَا مَحْبُوْبِيْنَ لَكَ وَ مَحْبُوْبِيْنَ لَهُ فِي عَافِيَةٍ.
"Allôhumma sholli wa sallim 'alâ Sayyidinâ Muhammadin wa 'alâ 'âli Sayyidinâ Muhammad, Sholâtan nakûnu bihâ mahbûbîna laka wa mahbûbîna lahû fî 'âfiyah".
Artinya : "Ya Allâh curahkanlah rahmat-MU dan keselamatan-MU pada Baginda Nabi Muhammad dan keluarganya yang dengannya kami engkau cintai dan dicintai Nabi Muhammad dalam keselamatan"
Ini adalah shighot shalawat Mujarrab yang di ajarkan oleh Alhabib Salim as-Syâthiri untuk menanamkan kecintaan kita kepada nabi Muhammad dalam hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar